basecamp

Sekilas Perkenalan Tentang Monyet


Monyet adalah istilah untuk semua anggota primata yang bukan prosimia ("pra-kera", seperti lemur dan tarsius) atau kera, baik yang tinggal di Dunia Lama maupun Dunia Baru. Hingga saat ini dikenal 264 jenis monyet yang hidup di dunia. 

Hampir semua spesies monyet yang ada kebanyakan hidup di daerah beriklim tropis atau subtropis. Monyet adalah binatang yang bisa duduk ataupun berdiri tegak. Tidak seperti kera, monyet biasanya berekor dan berukuran lebih kecil. Monyet diketahui dapat belajar dan menggunakan alat untuk membantunya dalam mendapatkan makanan.

Pengelompokan monyet bersifat parafiletik, karena monyet Dunia Lama (Cercopithecoidea) sebenarnya lebih dekat kekerabatan genetiknya dengan kera (Hominidae), daripada monyet Dunia Baru (Platyrrhini).

Beberapa monyet dalam bahasa sehari-hari juga sering disebut sebagai kera.

Klasifikasi Monyet :
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Mammalia
Ordo : Primata
Subordo : Haplorrhini

Ukuran : Monyet terkecil adalah jenis Pygmy Marmoset, ukuran panjang tubuhnya  4,6 sampai 6 inci dan beratnya hanya 3 sampai 5 ons. Monyet terbesar adalah Baboon ukuran panjang tubuhnya bisa mencapai 3,6 meter dan berat hingga 80 lbs.

Habitat : Habitat monyet Dunia Lama kebanyakan berada di Afrika, dari bagian Asia tengah hingga ke selatan dan tenggara, Jepang, India dan Indonesia. Monyet Dunia Lama banyak ditemui di hutan hujan, pulau-pulau, stepa, pegunungan, dan sabana, tergantung pada spesiesnya.

Monyet Dunia Baru kebanyakan berada di Amerika Tengah dan Amerika Selatan, kecuali untuk daerah pegunungan dengan ketinggian yang sangat tinggi. Monyet Dunia Baru lebih banyak ditemui di hutan hujan tropis dan semak belukar.

Perilaku : Monyet bisa beradaptasi dengan banyak kondisi yang berbeda, tergantung pada habitat mereka. Kebanyakan monyet berperilaku Arboreal tetapi ada beberapa yang Terestrial diantaranya seperti kera dan babon. Arboreal mengacu pada sifat yang suka hidup di pepohonan [arbor, pohon]. Hewan arboreal adalah hewan-hewan yang sebagian besar hidupnya dihabiskan di atas pepohonan atau belukar. Terestrial (terrestrial) berarti terkait dengan tanah atau permukaan tanah (terra, tanah). Hewan terestrial adalah hewan-hewan yang biasa berkeliaran di atas tanah, seperti harimau, biawak dan lain-lain.

Makanan : Monyet makan buah, rumput, daun, telur, serangga dan laba-laba, tergantung pada spesies.

Komunikasi : Monyet menggunakan vokalisasi, ekspresi wajah, dan gerakan tubuh untuk berkomunikasi.

Tahukan Anda ? 
Monyet juga memiliki keunikan mereka sendiri seperti sidik jari layaknya manusia.

Masa Kawin : Monyet mulai aktifitas seksualnya/kawin saat dewasa atau ketika berumur 18 bulan sampai 8 tahun, tergantung pada tiap spesies.

Masa Hidup : Monyet biasanya memiliki rentang hidup 10 sampai 50 tahun, tergantung pada tiap spesies.

Struktur Sosial : Kelompok monyet disebut troups. Monyet adalah hewan yang sangat sosial. Monyet mengungkapkan kasih sayang dan berdamai dengan yang lain dengan cara merawat satu sama lain. Saling merawat tidak hanya membantu monyet menjaga bulu mereka bersih dari kotoran, kulit mati, dan parasit, tetapi juga membantu mereka untuk membangun hubungan sosial.

Di Indonesia, beberapa monyet telah dimanfaatkan oleh manusia sebagai hewan timangan atau hewan untuk membantu pekerjaan sehari-hari. Monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) adalah hewan yang paling biasa berinteraksi dengan manusia dan sering dipelihara sebagai hewan timangan, hewan sirkus seperti topeng monyet, atau percobaan laboratorium. Monyet juga adalah primata pertama yang pernah dikirim ke luar angkasa. Monyet dipelihara di beberapa tempat di Indonesia untuk dilatih sebagai pemetik kelapa.


Sumber : 
Share on Google Plus

About Unknown

Petualang muda yang suka apa saja kecuali belajar berhitung, jatuh cinta dunia Petualangan dan Alam Indonesia. Juga seorang pengagum pohon Bambu dan bunga Dandelion.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: